Di era digital yang makin maju dan canggih ini, banyak sekali pedagang offline bertransformasi menjadi pedagang online untuk mempermu...

Hal-hal Menyebalkan Saat Belanja Online

16:16 Unknown 1 Comments


Di era digital yang makin maju dan canggih ini, banyak sekali pedagang offline bertransformasi menjadi pedagang online untuk mempermudah mereka dalam menjual barang dagangan sehingga dapat lebih luas dan mudah. Hingga akhirnya, online store sekarang sudah menjadi hal biasa dan menjadi suatu kebutuhan sendiri saat malas untuk keluar rumah mencari barang yang kita inginkan.

Semenjak gue kenal dengan belanja online, gue makin sering dan keranjingan buat mencari barang barang yang gue butuhkan. Pernah gue membeli barang yang akhirnya sia-sia karena tidak ada efek apa pun yang terjadi selama gue pake, barang yang gue maksud adalah krim penumbuh jenggot. Awal-awal memakai gue sangat hati-hati dalam mengoleskan krim ini ke wajah gue. Takut-takut kalau gue olesin ke pipi, akhirnya gue jadi monyet. Setelah beberapa minggu tidak ada reaksi apapun akhirnya gue berhenti dan menerima kalau menjadi cowok brewokan itu sulit.

Sebenarnya hal menyebalkan saat belanja online gak cuma barang yang gak sesuai dengan apa yang dipromosikan, tapi banyak hal yang bikin gue harus hati-hati dan cermat dalam menggunakan kemudahan buat belanja.

  • SAMPAINYA TERLALU LAMA




Belanja online itu yang paling penting barang sesuai dengan ekspetasi, tapi kalau nunggunya lama tetep aja bikin bete dan malesin. Walaupun banyak kesalahan dari kurir pengiriman, tapi secara umum toko online yang menjual juga terkena imbasnya dan tingkat kepuasan menurun. Pernah gue membeli sebuah flashdisk dengan pengiriman regular 3 hari tapi dalam waktu seminggu barang yang gue pesan belum sampai, saat sampai pengen rasanya gue marah-marah ke kurir dan bilang “Mas tega bikin aku nunggu lama!” tapi karena gue gak pengen kurir trauma buat nganterin ke tempat gue akhirnya gue urungkan dan cuma bisa pasang muka cemberut, huft!.

  • BARANG TIDAK SESUAI.


Untuk yang satu ini bukan lagi menyebalkan tapi udah bikin mood yang tadinya bahagia tiba-tiba langsung drop dan emosi. Misalnya lo beli iPhone keluaran terbaru pas lo buka bungkusan ternyata isinya mantan beserta kenangan, kan kesel jadinya.

  • TERTIPU


Manusia itu gak sepenuhnya bisa dipercaya, dari yang kenal deket aja gak sepenuhnya bisa kita percaya, apalagi orang baru. Online store itu tempat belanja yang gak semuanya bagus dan terpercaya, karena gak sedikit temen gue tertipu saat belanja online. Namun buat gue belanja online itu aman kalau lo tahu  gimana caranya memilih online store yang aman dan terpercaya.



Online store terpercaya itu menjual barang yang rata-rata lebih murah dari pada belanja di took-toko tempat lo tinggal. Tapi lo harus hati-hati karena banyak online store yang menjual barang dengan harga gak wajar biar lo tertarik buat membeli. Misalnya harga hardisk di toko daerah lo satu juta rupiah, tapi lo nemuin online store yang menjual dengan harga cuma 300 ribu aja, lo tertarik dan akhirnya membeli, ada yang gak kunjung datang dan susah dihubungin. Ada juga yang akhirnya sampai tapi pas dibuka isinya kertas doang. Gampangnya lo jangan mudah terpengaruh sama harga murah dan pastinya lo harus banyak cari info tentang penjual. Memanfaatkan google dan review pembeli adalah contoh buat cari tahu reputasi dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

  • ONGKIR MAHAL.


Buat penggila belanja online hal yang paling menyebalkan juga kalau udah ketemu yang namanya ongkir buat kirim barang yang dibebankan ke konsumen. Kadang lo harus mikir-mikir jangan sampai ongkirnya terlalu mahal dari pada harga barangnya. Untung-untung ada promo free ongkir dari online store. Jadi lo gak harus mikir terlalu banyak buat nentuin barang yang pengen dibeli. Misalnya lo lagi pengen keripik setan yang harganya 12 ribu rupiah tapi ketika lo klik bagian ongkir lo kaget karena ongkirnya 25 ribu rupiah. Akhirnya lo memilih buat ngemil kerikil aja.


Tapi tenang aja buat yang suka belanja online. Kemaren gue baru aja belanja di Bukalapak. Selain beragam barang yang ditawarkan, ternyata e ternyata…, banyak juga promo dari Bukalapak yang memanjakan penggila online store. Salah satunya yang gue temuin kemarin adalah promo gratis ongkir ke luar Jabodetabek. Asik, kan?

TAPI GIMANA CARANYA?

Pertama lo harus install aplikasi bukalapak yang tersedia di Playstore dan Appstore. Atau tinggal cari Bukalapak di kolom search!.


Menu layar utama dari aplikasi bukalapak ini udah terlihat memudahkan pengguna buat menemukan barang yang dicari.

Banyak kategori barang yang tersedia. Tinggal pilih aja lo mau beli apa. Tapi buat yang jomblo dan pengen cari pacar, Bukalapak gak menyediakan yah.. Suram  ya suram aja dah.. haha.

\

Gue lagi butuh celana karena celana-celana sebelumnya udah gak bisa diajak damai sama ukuran perut. Sedih yah.

Nah, sebelum gue beli celana, gue juga harus lihat dulu reputasi penjual. Kerennya di Bukalapak ini ada fitur feedback konsumen buat lihat review dan tanggapan pelanggan sebelumnya terhadap suatu toko, jadi gak perlu lagi khawatir dapet toko yang gak terpercaya. Apaan tos katingali di feedback na. Hade euy!.

'

Setelah pakai voucher BLGOAPPS bener bener gratis ongkir!



Setelah lo ketemu barang yang lo pengen tinggal isi alamat tujuan. Bagi yang di luar jabodetabek, jangan lupa pake kode voucher BLGOAPPS saat berbelanja di aplikasi bukalapak, Free ongkir, bro! Maksimal ongkir 25.000 Rupiah/hari sampai promo habis tanggal 31 Maret. Tapi buat gue yang tinggal di Bandung, itu udah gede dan bikin ongkirnya jadi gratis!

Sekarang, tinggal nunggu deh barangnya sampai. Pssst… gak usah takut ketipu. Karena Bukalapak akan mengembalikan uang lo kalau-kalau barang lo gak nyampe!

Selamat berbelanja!
Jangan lupa belanjain pacar bagi yang punya, ya.
Bagi yang nggak punya, hadiahi diri sendiri aja, kayak gue L

Buat yang punya pengalaman belanja di Bukalapak kayak gue, cerita-cerita di kolom komentar, ya!

XOXO!




1 comment:

Ditunggu komentar dan reaksi kamu :)